Rabu, 06 Mei 2009

Solusi Karburator Honda CBR 150 Banjir

Apabila motomania memiliki kuda besi Honda CBR 150 dan mendapati masalah bahan bakar yang mengucur dari karburator nggak perlu khawatir, disinilah solusinya :
Pertama bongkar perangkat pengabutan tersebut . Beberapa kasus seperti ini terjadi karena pelampung yang ada di dalam karbu enggak mau bekerja secara normal. Jelasnya, part tersebut tersangkut pada dinding mangkuk karbu dan bikin jarum pelampung enggak mau nutup lubang masuk bahan bakar.

Sebelum mulai proses penyembuhan pastikan bahwa analisanya benar. Caranya dengan mengocok-kocok karbu standar CBR. Bila ada bunyi klek-klek dari dalam perangkat tersebut, maka dipastikan pelampung bekerja normal. Sebaliknya, bila enggak ada bunyi yang timbul, maka pelampungnya nyangkut.

Harus ganti baru? Enggak perlu, ada treatment khusus yang dilakukan untuk bikin pelampung karbu CBR fungsinya normal lagi. Sebelum treatment itu dilakukan, terlebih dulu buka mangkuk karbu (gbr.2).

Langkah selanjutnya, menggerinda secukupnya dengan bantuan bor tuner, dinding mangkuk karburator yang bersentuhan dengan pelampung (gbr.3). Pasang kembali pelampung dan mangkuk karburator seperti sediakala, kemudian kocok kembali.

Bila masih enggak ada bunyi, maka dinding mangkuk karburator masih perlu digerinda lagi. Namun bila saat dikocok sudah ada bunyi kletek..kletek... maka fungsi pelampung kembali normal.

2 komentar: