Selasa, 14 Juli 2009

Bikin Lampu Indikator Sekring, Putus Enggak Ya?

Motomania... Judul di atas bukan ngomongin soal pacaran, lo. Tapi lagi ngebahas tentang sekring atau fuse. Pada setiap motor pasti dilengkapi peranti itu, kecuali motor balap. Peranti itu sebagai pemutus arus saat terjadi korslet pada sistem kelistrikan.

Saat sekring mati atau putus, semua panel kelistrikan tidak akan menyala. Sehingga, saat motor distarter ogah hidup dan lampu netral pada motor bebek juga tidak menyala. Gitu juga waktu menyalakan lampu sein.

Tapi tenang,Saya mau membagi sedikit ilmu buat motomania agar tahu, sekring itu putus atau nyambung? Maka dibuat lampu indikator sekring biar mudah dipantau. Kayak lagu yang dinyanyiin BBB (Bukan Bintang Biasa) aja nih; putus nyambung.

Oke, balik lagi! Untuk cara kerja dari lampu indikator tersebut, apabila lampu menyala berarti sekring putus. Kalau lampu mati? Ya, kebalikannya! Untuk bahannya dapat ditebus di toko elektronik dengan harga murah meriah.

Bahan-bahan yang diperlukan antar lain lampu LED super white warna merah dan tahanan atau resistor dengan ukuran 560 Ohm - 0,5 watt/1watt (gbr.1) dan sedikit kabel. Sebagai motor percobaan kita diterapkan pada Suzuki Shogun SP 125 cc.

Sekring Shogun SP ada di bawah jok atau di bagasi dan sulit untuk dilihat. Sekarang silakan cari tempat sekring di tunggangan Anda. Kalau sudah ketemu, sambung kabel tambahan tadi pada kedua kabel sekring.

Berikutnya adalah penyolderan antara tahanan dengan lampu LED dan kabel pakai timah, supaya sambungan tersebut tidak mudah lepas atau copot. Lalu, solderan tadi ditutup dengan isolasi hitam.

“Biar rangkaian gak bersentuhan sama rangka dan gak bikin korslet, lebih baik diisolasi hitam. LED sama resistor disolder, biar gak lepas. Terus kabel tambahan tadi disambung ke LED.

Setelah disambung, tinggal pengetesan dengan cara mencabut sekringnya. Kalo lampu menyala berarti bekerja dengan baik dan bila lampu tak menyala saat tidak ada sekring, berarti pemasangan terbalik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar